MAKALAH MANAJEMEN KEUANGAN “SAHAM DAN VALUASINYA”

BAB I PENDAHULUAN A.      Latar Belakang        Pada saat ini kehidupan sangat berkembang pesat, terutama dalam hal perekonomian. Banyak inovasi-inovasi yang dilakukam manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Hal tersebut dikarenakan setiap manusia memerlukan harta guna mencukupi kebutuhan dalam kehidupannya. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah melalui kegiatan investasi di pasar modal, khususnya saham.      Saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrument finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan menerbitkan saham, memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjanguntuk ‘menjual’ saham dengan imbalan uang tunai. Para pembeli saham membayarkan uang pada perusahaan melalui bursa efek dan mereka menerima sebuah sertifikat saham sebagai bukti kepemilikan mereka atas saham-saham dan kepemilikan mereka dicatat dalam daftar saham perusahaan. Para pemilik saham dari sebuah perusahaan merupakan pemilik-pem

RPP SMK kurikulum KTSP Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                         :           SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN TENGAH
Kompetensi Keahlian              :           Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran            :           Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Alokasi Waktu                        :           3 X 45 Menit
Kelas / Semester                      :           X / 1
Pertemuan Ke                         :           3
Standar Kompetensi               :           Melakukan Prosedur Administrasi
Kompetensi Dasar                   :           Mengidentifikasi Dokumen-dokumen kantor
Indikator                                 :          
1.      Dokumen-Dokumen diproses sesuai dengan prosedur prusahaan dengan batas waktu.
I.                   Tujuan Pembelajaran
A.     Siswa dapat memahami pengertian dokumen menurut para ahli
II.                Nilai Karakter
A.    Disiplin
III.             Materi Pembelajaran
A.    Pengertian Dokumen
IV.             Metode Pembelajaran
A.    Ceramah
B.     Diskusi
V.                Langkah - langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

PERTEMUAN

Pendahuluan
1.      Kegiatan Awal
-          Guru menyiapkan salam untuk membuka pelajaran.
-          Siswa dan guru berdoa bersama.
-          Guru mempresensi siswa dan mengisi agenda kelas.
2.      Menejelaskan tujuan / KD yang akan dicapai
-          Siswa menerima informasi tentang kompetensi yang akan dipelajari, tujuan, materi, langkah – langkah pembelajaran serta teknik penilaian yang akan dilaksanakan.
-          Guru menjelaskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang dokumen
3.      Menyampaikan materi atau uraian silabus
-          Guru memberikan gambaran mengenai dokumen.
-          Sebagai permulaan mendorong rasa ingin tahu, berpikir siswa menjawab pertanyaan seputar dokumen.

15 Menit
Inti
Dalam kegiatan ini, pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan sebagai berikut :
1.      Eksplorasi
-          Guru menyampaikan materi sesuai dengan indikator kompetensi yang harus dikuasai siswa, yaitu dokumen.
-          Melibatkan siswa dalam mencari informasi mengenai dokumen. ( nilai yang ditanam : rasa ingin tahu )
-          Siswa diminta menyebutkan menjelaskan dokumen sesuai dengan pengetahuan siswa ( nilai yang ditanam : kreatifitas )
2.      Elaborasi
-          Memfasilitasi siswa dengan pemberian tugas
a.       membentuk kelompok – kelompok diskusi yang terdiri dari 4 kelompok.
b.      siswa yang berkelompok mendiskusikan tentang Dokumen ( nilai yang ditanam kerjasama dan toleransi)
-          Memberikan kesempatan berpikir dan menganalisis masalah
a.       guru mengamati siswa dalam kegiatan kelompok.
3.      Konfirmasi
-          Dalam kegiatan konfirmasi guru melakukan kegiatan sebagai berikut :
a.       Guru memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, isyarat, hadiah atas keberhasilan siswa.
b.      Guru memberikan apresiasi kepada kelompok yang tampil dan memotivasi kelompok lain ( nilai yang ditanam : kerja keras )
-          Memfasilitasi siswa yang memperoleh pengalaman bermakna dan mencapai kompetensi dasar
a.       Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
b.      Guru memberi motivasi kepada siswa yang kurang memahami materi dan belum berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan dikusi.


105 Menit
Penutup
a.       Dalam kegiatan penutup guru melakukan kegiatan sebagai berikut:
-          Peserta didik beserta guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
-          Guru memberikan umpan balik
-          Guru meninformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
-          Guru mengucapkan salam kepada peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam
15 menit

VI.  Alat / Bahan / Sumber Belajar:
            a. Alat             : White Board, Spidol, Laptop
            b. Media          : LCD
            c. Sumber Belajar :
VII.  Penilaian
a.       Teknik Penilaian
1.      Penilaian dalam proses pengamatan
2.      Diskusi kelompok
b.      Bentuk Tes
1.      Lisan
2.      Tertulis                                                           

Klaten, 8 Agustus 2016         
Mengetahui,
Guru Pembimbing                                                       Mahasiswa PPL



            Endah Retno Dwi Haryati, M.Pd                               Fauzi Fajar Askarullah
            NBM. 846 032                                                            NIM. 13802241053



Lampiran.

A.    Pengertian Dokumen
1.      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dokumen adalah sesuatu yang tertulis atau tercetak yang dapat dipergunakan sebagai bukti atau keterangan.
2.      Kamus Bahasa Inggris Webster D
Dokumen adalah
a.       Dokumen dapat membuktikan dengan keterangan, melengkapi keterangan dengan fakta-fakta.
b.      Dokumen melengkapi keabstrakan keterangan, seperti surat keterangan, pernyataan, lampiran-lampiran seperti untuk melengkapi sebuah bukti atau tesis.
3.      Menurut Enslikopedi Administrasi
Dokumen adalah warkat asli yang digunakan sebagai alat pembuktian atau sebagai alat untuk mendukung suatu keterangan.
4.      Kamus kepegawaian
Dokumen adalah:
a.       Semua catatan tertulis, baik tercetak mau pun tidak tercetak
b.      Segala benda yang mempunyai keterangan-keterangan dipilih untuk dikumpulkan, disusun, disediakan atau untuk disebarkan.
5.      Enslikopedi umum
Dokumen berarti surat, akte, piagam, surat resmi dan rekaman, tertulis atau tercetak yang dapat memberikan keterangan mengenai suatu hal.

Dari pendapat di atas dapat disimpulkan dokumen adalah surat-surat atau benda-benda berharga termasuk rekaman yang dapat dijadikan sebagai alat bukti untuk mendukung keterangan supaya lebih meyakinkan.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Populasi dan Sampel Penelitian

MAKALAH MANAJEMEN KEUANGAN “SAHAM DAN VALUASINYA”

Makalah Kajian Teori dan Kerangka Pikir