MAKALAH MANAJEMEN KEUANGAN “SAHAM DAN VALUASINYA”

BAB I PENDAHULUAN A.      Latar Belakang        Pada saat ini kehidupan sangat berkembang pesat, terutama dalam hal perekonomian. Banyak inovasi-inovasi yang dilakukam manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Hal tersebut dikarenakan setiap manusia memerlukan harta guna mencukupi kebutuhan dalam kehidupannya. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah melalui kegiatan investasi di pasar modal, khususnya saham.      Saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrument finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan menerbitkan saham, memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjanguntuk ‘menjual’ saham dengan imbalan uang tunai. Para pembeli saham membayarkan uang pada perusahaan melalui bursa efek dan mereka menerima sebuah sertifikat saham sebagai bukti kepemilikan mereka atas saham-saham dan kepemilikan mereka dicatat dalam daftar saham perusahaan. Para pemilik saham dari sebuah perusahaan merupakan pemilik-pem

RPP SMK kurikulum KTSP Standar Kompetensi Memberikan pelayanan prima

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        : SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN TENGAH
Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian    : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran              : Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Kelas / Semester           : XI  / 3 - 4
Pertemuan ke                : 1 (Satu)
Alokasi Waktu              : 3 x 45 menit
Kode Kompetensi         : ADP-KK-12
Standar Kompetensi      : Memberikan pelayanan kepada pelanggan
Kompetensi Dasar        : 1. Mendeskripsikan pelayanan prima
Indikator                       : 1.1 Memahami Pengertian pelayanan prima
                                        1.2 Memahami konsep-konsep harapan pelanggan
                                        1.3 Mengidentifikasi indikator timbulnya ketidakpuasan pelanggan

  I.            Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan:
1.      Peserta didik mampu memahami dan mendeskripsikan pengertian pelayanan prima
2.      Peserta didik mampu memahami konsep-konsep harapan pelanggan
3.      Peserta didik mampu memahami dan mengidentifikasi indikator timbulnya ketidakpuasan pelanggan

Nilai Karakter yang dikembangkan
1.      Percaya diri
2.      Kesopanan
3.      Kerja sama
4.      Aktif
5.      Komunikatif



II.            Materi Pembelajaran
1.      Pengertian pelayanan prima
2.      Konsep-konsep harapan pelanggan
3.      Indikator timbulnya ketidakpuasan pelanggan

III.            Metode Pembelajaran
Pendekatan        : Contextual Teaching Learning
Metode                          : Ceramah dan Kepustakaan/Ekspositori, Diskusi, VTC (Value
                                         Clarification Technique)

IV.            Langkah Pembelajaran
Tahap Pembelajaran
Kegaiatan Pembelajaran
Waktu
Guru
Peserta Didik
Awal
1.      Memberi salam
2.      Meminta Kepada salah satu peserta didik untuk memimpin doa
3.      Mempresentasi kehadiran peserta didik
4.      Memberikan motivasi kepada peserta didik
5.      Melakukan pengkondisian kelas dan menyampaikan topik atau materi yang akan dijelaskan beserta tujuan pembelajaran
6.      Menyampaikan apersepsi kepada peserta didik
1.      Menjawab salam
2.      Salah satu peserta didik memimpin doa
3.      Memberikan informasi kehadiran
4.      Mendengarkan motivasi dari guru
5.      Mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru
6.      Memperhatikan apersepsi guru
15 menit
Inti
Eksplorasi:
1.      Guru mengajak peserta didik untuk menyaksikan video tentang pelayanan prima
2.      Guru Menyampaikan dan mejelaskan isi materi mengenai: Pengertian pelayanan prima, konsep-konsep harapan pelanggan, dan Indikator timbulnya ketidakpuasan pelanggan
3.      Meminta peserta didik untuk membaca modul masing-masing mengenai pelayanan prima

Elaborasi:
1.      Guru meminta peserta didik membuat kelompok secara acak menjadi 5 kelompok
2.      Meminta kepada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil pencarian informasi yang telah diperoleh.
3.      Meminta kelompok lain utnuk menanggapi hasil presentasi

Konfirmasi:
1.      Mengajak peserta didik secara bersama-sama mengambil kesimpulan dan memberi penguatan mengenai materi yang telah dipelajari

1.      Peserta didik memperhatikan/ menonton video yang diberikan oleh guru
2.      Memperhatikan penjelasan guru
3.      Membaca materi mengenai pelayanan prima














1.      Siswa membentuk kelompok dan berkumpul sesuai kelompok masing-masing
2.      Secara bergiliran masing-masing kelompok mempresntasikan hasil pencarian informasi yang telah diperoleh
3.      Menanggapi presentasi dengan bertanya, menyanggah, dll.





1.      Menyimpulkan bersama, memperhatikan penguatan yang diberikan oleh guru.
60 menit
Penutup
1.      Menekankan kembali materi atau menyimpulkan materi yang telah dipelajari bersama peserta didik
2.      Menyampaikan pekerjaan rumah(PR mencari kasus-kasus akibat dari kurangnya memberikan pelayanan prima kepada pelanggan)
3.      Menyampaikan materi yang akan dipelajari untuk pertemuan selanjutnya tentang mengidentifikasi pelanggan dan kebutuhannya.
4.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
1.      Mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru
2.      Mencatat PR yang diberikan oleh guru
3.      Mendengarkan penjelasan guru
4.      Menjawab salam
20 menit

    V.            Alat/ Bahan/ Sumber Bahan
Sumber referensi:
1.      Modul Dra. E. Juhana Wijaya
2.      Internet
Alat:
1.      Laptop
2.      LCD
3.      White Board
4.      Spidol
Media:
1.      Power Point
2.      Video

 VI.            Penilaian
1.      Diskusi
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
1
Diskusi mengenai pengertian pelayanan prima
Tertulis
Uraian
Terlampir
2
Diskusi mengenai konsep-konsep harapan pelanggan
Tertulis
Uraian
Terlampir
3
Diskusi mengenai indikator timbulnya ketidakpuasan pelanggan
Tertulis
Uraian
Terlampir

2.      Pekerjaan Rumah
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
1
Mencari kasus akibat dari tidak memberikan pelayanan prima kepada pelanggan
Portofolio
Penugasan
Terlampir

              Soal:
              1. Carilah 5 kasus baik itu pengalaman pribadi mau pun dari internet mengenai akibat dari kurangnya memberikan pelayanan prima kepada pelanggan!
             
                             


LEMBAR PENILAIAN DISKUSI

No
Nama Kelompok
Skor
Total Skor
1
2
3
4
1
Kelompok 1





2
Kelompok 2





3
Kelompok 3





4
Kelompok 4





5
Kelompok 5






Keterangan Aspek Penilaian:
1.      Kerjasama dalam kelompok
2.      Uraian yang disampaikan jelas dan tepat
3.      Bertanya dan menjawab
4.      Kelengkapan

Rentang skor per komponen   : 1 - 4
Skor minimal                           : 4
Skor maskimal                         : 16

Nilai kelompok = 
                                


LEMBAR PENILAIAN SIKAP

Kompetensi Dasar:
1.      Memiliki motivasi internal yang menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran
2.      Menunjukkan perilaku dan sikap aktif, percaya diri, sopan, kerjasama, dan komunikatif dalam melakukan pembelarajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
3.      Menghargai kerja individu dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja

Indikator:
1.      Peserta didik menunjukkan rasa keingintahuaannya dengan bertanya kepada teman atau guru serta banyak mencari dan membaca buku-buku pendukung materi
2.      Peserta didik menunjukkan kerjasama dan kontribusi dalam kegiatan kelompok
3.      Peserta didik aktif dalam berdiskusi
4.      Peserta didik menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas kelompok
5.      Peserta didik mengikuti arahan dan prosedur pembelajaran dengan tertib
6.      Peserta didik mengikuti proses pembelajaran dengan santun

No
Nama Peserta Didik
Kesopanan
Kerjasama
Aktif
Komunikatif
Percaya diri
Jumlah skor
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
















































































































Pedoman penilaian:
Skala penilaian            : 1 s/d 5                                   Skor minimal   : 5
Keterangan                  :                                               Skor maksimal: 25
1 = Sangat kurang                                                       Prediksi sikap peserta didik:
2 = kurang                                                                   5 – 11              : Perlu perhatian khusus
3 = Cukup                                                                   12 – 18            : Perlu bimbingan
4 = Baik                                                                      19 – 25            : Terpuji

Jumlah skor =  x 100



LEMBAR PENILAIAN PENUGASAN


Nama peserta didik     :
Kelas / semester          :
Mata pelajaran             : memberikan pelayanan kepada pelanggan
Materi pokok               : pelayanan prima
No
Aspek Penilaian
Skor
Catatan
1.
Kelengkapan
-          kasus yang diceritakan disertai tempat dan siapa pelakunya/ tidak bersifat mengada-ngada


2.
Kejelasan
-          kasus-kasus yang diceritakan dapat mudah dipahami dan jelas


3.
Kerapian
-          tata penulisan rapi dan sesuai no urut



Jumlah Skor



Keterangan:
1.      Setiap aspek atau kriteria penilaian diberikan skor dalam skala 1-5
2.      Skor     1 : rendah
2 : cukup
3 : rata-rata
4 : baik
5 : amat baik
3.      Skor minimal 3
4.      Skor maksimal 15
 


                                 Nilai =  x 100



MATERI AJAR

Standar Kompetensi      : Memberikan layanan kepada pelanggan
Kompetensi Dasar         : Mendeskripsikan pelayanan prima
Indikator                        : 1.1 Memahami Pengertian pelayanan prima
                                                  1.2 Memahami konsep-konsep harapan pelanggan
 1.3 Mengidentifikasi indikator timbulnya ketidakpuasan pelanggan
Tujuan Pembelajaran     :
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan:
1.      Peserta didik mampu memahami dan mendeskripsikan pengertian pelayanan prima
2.      Peserta didik mampu memahami konsep-konsep harapan pelanggan
3.      Peserta didik mampu memahami dan mengidentifikasi indikator timbulnya ketidakpuasan pelanggan


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Makalah Populasi dan Sampel Penelitian

MAKALAH MANAJEMEN KEUANGAN “SAHAM DAN VALUASINYA”

Makalah Kajian Teori dan Kerangka Pikir