RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN TENGAH
Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian : Administrasi
Perkantoran
Mata Pelajaran : Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Kelas / Semester : XI / 3 - 4
Pertemuan ke : 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Kode Kompetensi : ADP-KK-12
Standar Kompetensi : Memberikan pelayanan
kepada pelanggan
Kompetensi Dasar : 1. Mendeskripsikan
pelayanan prima
Indikator : 1.1 Memahami Pengertian pelayanan prima
1.2 Memahami konsep-konsep harapan pelanggan
1.3 Mengidentifikasi indikator timbulnya ketidakpuasan
pelanggan
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan:
1. Peserta didik mampu memahami dan mendeskripsikan
pengertian pelayanan prima
2. Peserta didik mampu memahami konsep-konsep harapan pelanggan
3. Peserta didik mampu memahami dan mengidentifikasi indikator
timbulnya ketidakpuasan pelanggan
Nilai Karakter yang dikembangkan
1. Percaya
diri
2. Kesopanan
3. Kerja
sama
4. Aktif
5.
Komunikatif
II.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian pelayanan prima
2. Konsep-konsep harapan
pelanggan
3. Indikator timbulnya
ketidakpuasan pelanggan
III.
Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Contextual Teaching Learning
Metode : Ceramah dan Kepustakaan/Ekspositori,
Diskusi, VTC (Value
Clarification Technique)
IV.
Langkah Pembelajaran
Tahap Pembelajaran
|
Kegaiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Guru
|
Peserta Didik
|
Awal
|
1.
Memberi salam
2.
Meminta Kepada salah satu peserta
didik untuk memimpin doa
3.
Mempresentasi kehadiran peserta
didik
4.
Memberikan motivasi kepada peserta
didik
5.
Melakukan pengkondisian kelas dan
menyampaikan topik atau materi yang akan dijelaskan beserta tujuan
pembelajaran
6.
Menyampaikan apersepsi kepada
peserta didik
|
1. Menjawab
salam
2. Salah
satu peserta didik memimpin doa
3. Memberikan
informasi kehadiran
4. Mendengarkan
motivasi dari guru
5. Mendengarkan
apa yang disampaikan oleh guru
6. Memperhatikan
apersepsi guru
|
15 menit
|
Inti
|
Eksplorasi:
1. Guru mengajak peserta didik untuk
menyaksikan video tentang pelayanan prima
2. Guru Menyampaikan dan mejelaskan isi
materi mengenai: Pengertian pelayanan prima, konsep-konsep harapan pelanggan, dan
Indikator timbulnya ketidakpuasan pelanggan
3. Meminta peserta didik untuk membaca
modul masing-masing mengenai pelayanan prima
Elaborasi:
1. Guru meminta peserta didik membuat
kelompok secara acak menjadi 5 kelompok
2. Meminta kepada masing-masing kelompok
untuk mempresentasikan hasil pencarian informasi yang telah diperoleh.
3. Meminta kelompok lain utnuk menanggapi
hasil presentasi
Konfirmasi:
1. Mengajak peserta didik secara
bersama-sama mengambil kesimpulan dan memberi penguatan mengenai materi yang
telah dipelajari
|
1. Peserta didik memperhatikan/ menonton
video yang diberikan oleh guru
2. Memperhatikan penjelasan guru
3. Membaca materi mengenai pelayanan prima
1. Siswa membentuk kelompok dan berkumpul
sesuai kelompok masing-masing
2. Secara bergiliran masing-masing kelompok
mempresntasikan hasil pencarian informasi yang telah diperoleh
3. Menanggapi presentasi dengan bertanya,
menyanggah, dll.
1. Menyimpulkan bersama, memperhatikan
penguatan yang diberikan oleh guru.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Menekankan kembali materi atau
menyimpulkan materi yang telah dipelajari bersama peserta didik
2.
Menyampaikan pekerjaan rumah(PR mencari kasus-kasus akibat dari kurangnya memberikan
pelayanan prima kepada pelanggan)
3.
Menyampaikan materi yang akan
dipelajari untuk pertemuan selanjutnya tentang mengidentifikasi pelanggan dan kebutuhannya.
4. Guru
mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
1. Mendengarkan
penjelasan yang disampaikan oleh guru
2. Mencatat
PR yang diberikan oleh guru
3.
Mendengarkan penjelasan guru
4.
Menjawab salam
|
20 menit
|
V.
Alat/
Bahan/ Sumber Bahan
Sumber referensi:
1.
Modul
Dra. E. Juhana Wijaya
2.
Internet
Alat:
1.
Laptop
2.
LCD
3. White Board
4.
Spidol
Media:
1.
Power Point
2.
Video
VI.
Penilaian
1.
Diskusi
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
1
|
Diskusi mengenai
pengertian pelayanan prima
|
Tertulis
|
Uraian
|
Terlampir
|
2
|
Diskusi mengenai konsep-konsep harapan pelanggan
|
Tertulis
|
Uraian
|
Terlampir
|
3
|
Diskusi
mengenai indikator timbulnya
ketidakpuasan pelanggan
|
Tertulis
|
Uraian
|
Terlampir
|
2. Pekerjaan Rumah
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
1
|
Mencari kasus akibat dari tidak memberikan pelayanan
prima kepada pelanggan
|
Portofolio
|
Penugasan
|
Terlampir
|
Soal:
1. Carilah 5 kasus baik itu pengalaman pribadi mau pun dari
internet mengenai akibat dari kurangnya memberikan pelayanan prima kepada
pelanggan!
LEMBAR
PENILAIAN DISKUSI
No
|
Nama Kelompok
|
Skor
|
Total Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Kelompok
1
|
|
|
|
|
|
2
|
Kelompok
2
|
|
|
|
|
|
3
|
Kelompok
3
|
|
|
|
|
|
4
|
Kelompok
4
|
|
|
|
|
|
5
|
Kelompok
5
|
|
|
|
|
|
Keterangan Aspek
Penilaian:
1.
Kerjasama dalam kelompok
2.
Uraian yang disampaikan jelas dan tepat
3.
Bertanya dan menjawab
4.
Kelengkapan
Rentang skor per komponen : 1 - 4
Skor minimal : 4
Skor maskimal : 16
Nilai kelompok =
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP
Kompetensi Dasar:
1.
Memiliki motivasi internal yang
menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran
2.
Menunjukkan perilaku dan sikap aktif,
percaya diri, sopan, kerjasama, dan komunikatif dalam melakukan pembelarajaran
sebagai bagian dari sikap ilmiah
3.
Menghargai kerja individu dalam
pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
Indikator:
1.
Peserta didik menunjukkan rasa
keingintahuaannya dengan bertanya kepada teman atau guru serta banyak mencari
dan membaca buku-buku pendukung materi
2.
Peserta didik menunjukkan kerjasama dan
kontribusi dalam kegiatan kelompok
3.
Peserta didik aktif dalam berdiskusi
4.
Peserta didik menunjukkan sikap
bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas kelompok
5.
Peserta didik mengikuti arahan dan
prosedur pembelajaran dengan tertib
6.
Peserta didik mengikuti proses
pembelajaran dengan santun
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Kesopanan
|
Kerjasama
|
Aktif
|
Komunikatif
|
Percaya
diri
|
Jumlah
skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian:
Skala penilaian : 1 s/d 5 Skor
minimal : 5
Keterangan : Skor
maksimal: 25
1 = Sangat kurang Prediksi sikap
peserta didik:
2 = kurang 5 –
11 : Perlu perhatian khusus
3 = Cukup 12
– 18 : Perlu bimbingan
4 = Baik 19
– 25 : Terpuji
Jumlah skor = x 100
LEMBAR PENILAIAN PENUGASAN
Nama peserta didik :
Kelas / semester :
Mata pelajaran : memberikan
pelayanan kepada pelanggan
Materi pokok : pelayanan
prima
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
Catatan
|
1.
|
Kelengkapan
-
kasus
yang diceritakan disertai tempat dan siapa pelakunya/ tidak bersifat
mengada-ngada
|
|
|
2.
|
Kejelasan
-
kasus-kasus
yang diceritakan dapat mudah dipahami dan jelas
|
|
|
3.
|
Kerapian
-
tata
penulisan rapi dan sesuai no urut
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
Keterangan:
1.
Setiap aspek atau kriteria penilaian
diberikan skor dalam skala 1-5
2.
Skor 1
: rendah
2 : cukup
3 : rata-rata
4 : baik
5 : amat baik
3.
Skor minimal 3
4.
Skor maksimal 15
Nilai
= x 100
MATERI
AJAR
Standar Kompetensi :
Memberikan layanan kepada pelanggan
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan pelayanan prima
Indikator :
1.1 Memahami Pengertian pelayanan prima
1.2 Memahami konsep-konsep harapan pelanggan
1.3
Mengidentifikasi
indikator timbulnya ketidakpuasan pelanggan
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan:
1. Peserta didik mampu memahami dan mendeskripsikan
pengertian pelayanan prima
2. Peserta didik mampu memahami konsep-konsep harapan pelanggan
3. Peserta didik mampu memahami dan mengidentifikasi indikator
timbulnya ketidakpuasan pelanggan
Cara download nya gimana nih
ReplyDelete