RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN TENGAH
Bidang Studi Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian :
Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran : Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Kelas / Semester : XI / 3 - 4
Pertemuan ke : 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Kode Kompetensi : ADP-KK-12
Standar Kompetensi :
Memberikan
pelayanan kepada pelanggan
Kompetensi Dasar : Memberikan
pelayanan kepada pelanggan
Indikator :
mengetahui
cara mengelola keluhan pelanggan
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai
diharapkan:
1. Peserta didik mampu memahami dan mendeskripsikan
pengertian pelayanan prima
2. Peserta didik mampu memahami konsep-konsep harapan pelanggan
3. Peserta didik mampu memahami dan mengidentifikasi indikator
timbulnya ketidakpuasan pelanggan
Nilai Karakter yang dikembangkan
1. Percaya
diri
2. Kesopanan
3. Kerja
sama
4. Aktif
5.
Komunikatif
II.
Materi Pembelajaran
1. Mengelola keluhan
pelanggan
III.
Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Contextual Teaching Learning
Metode : Ceramah dan Kepustakaan/Ekspositori,
Diskusi, VTC (Value
Clarification Technique)
IV.
Langkah Pembelajaran
Tahap Pembelajaran
|
Kegaiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Guru
|
Peserta Didik
|
Awal
|
1.
Memberi salam
2.
Meminta Kepada salah satu peserta
didik untuk memimpin doa
3.
Mempresentasi kehadiran peserta
didik
4.
Memberikan motivasi kepada
peserta didik
5.
Melakukan pengkondisian kelas dan
menyampaikan topik atau materi yang akan dijelaskan beserta tujuan
pembelajaran
6.
Menyampaikan apersepsi kepada
peserta didik
|
1. Menjawab
salam
2. Salah
satu peserta didik memimpin doa
3. Memberikan
informasi kehadiran
4. Mendengarkan
motivasi dari guru
5. Mendengarkan
apa yang disampaikan oleh guru
6. Memperhatikan
apersepsi guru
|
15 menit
|
Inti
|
Eksplorasi:
1. Guru membagikan materi ajar kepada
peserta didik
2. Guru Menyampaikan dan mejelaskan isi
materi mengenai: mengelola keluhan pelanggan
Elaborasi:
1. Guru meminta peserta didik membuat
kelompok secara acak menjadi 5 kelompok
2. Meminta kepada masing-masing kelompok
untuk mempresentasikan hasil pencarian informasi yang telah diperoleh.
3. Meminta kelompok lain utnuk menanggapi
hasil presentasi
Konfirmasi:
1. Mengajak peserta didik secara
bersama-sama mengambil kesimpulan dan memberi penguatan mengenai materi yang
telah dipelajari
|
1. Peserta didik membaca dan
mendiskusikan materi ajar
2. Memperhatikan penjelasan guru
1. Siswa membentuk kelompok dan berkumpul
sesuai kelompok masing-masing
2. Secara bergiliran masing-masing
kelompok mempresntasikan hasil pencarian informasi yang telah diperoleh
3. Menanggapi presentasi dengan bertanya,
menyanggah, dll.
1. Menyimpulkan bersama, memperhatikan
penguatan yang diberikan oleh guru.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Menekankan kembali materi atau
menyimpulkan materi yang telah dipelajari bersama peserta didik
2.
Menyampaikan semangat karena minggu depan sudah mulai ujian semester
3. Guru
mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
1. Mendengarkan
penjelasan yang disampaikan oleh guru
2.
Mendengarkan penjelasan guru
3.
Menjawab salam
|
20 menit
|
V.
Alat/
Bahan/ Sumber Bahan
Sumber referensi:
1.
Modul
Dra. E. Juhana Wijaya
2.
Internet
Alat:
1.
Laptop
2.
LCD
3. White Board
4.
Spidol
Media:
1.
Power Point
2.
Video
VI.
Standar Kompetensi :
Memberikan layanan kepada pelanggan
Kompetensi Dasar :
Memberikan pelayanan kepada pelanggan
Indikator :
mengetahui
cara mengelola keluhan pelanggan
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan:
1. Peserta didik mampu memahami dan mendeskripsikan cara mengelola
keluhan pelanggan
2. Peserta didik mampu memahami cara-cara dalam menangani
keluhan pelanggan
Comments
Post a Comment